Cara Perpanjang SIM Online

Cara Perpanjang SIM Online, Sudah punya SIM-nya Dulu Belum?

Setiap lima tahun sekali, pengendara motor wajib memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi atau SIM-nya. Ini kepolisian mengembangkan suatu platform sebagai kemudahan cara perpanjang SIM online.

Namun sebelumnya Apakah anda tahu bagaimana persyaratan untuk membuat SIM? Apakah bisa membuat surat izin mengemudi tersebut dilakukan secara online? Jika belum tahu, maka dapat menyimak uraian berikut ini tentang persyaratan pembuatan SIM.

Cara Membuat SIM

Memiliki SIM merupakan persyaratan utama seseorang yang akan mengemudikan kendaraan bermotor. Tentu saja Anda tidak berhak mengemudikan kendaraan tersebut di jalan raya karena dianggap belum layak.

Oleh karenanya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat SIM.

  1. Anda bisa mempersiapkan dokumen yang diperlukan yaitu E-KTP. Sebab SIM hanya diberikan kepada mereka yang berusia 17 tahun ke atas dan dibuktikan dengan kepemilikannya.
  2. Datangilah Polres setempat untuk mengikuti ujian yang perlu dilakukan untuk mendapatkan SIM sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Selanjutnya Pemohon akan dimintakan mengisi beberapa formulir yang berhubungan dengan permohonan pembuatan SIM. Antara lain adalah mengikuti tes kesehatan, mengikuti tes psikotes,  dan pengajuan SIM.
  4. Setelah melakukan pembayaran sejumlah yang ditentukan oleh kepolisian. Ditambah dengan biaya asuransi kendaraan di jalan raya. Anda bisa membayarnya di loket yang sudah disediakan atau pada bank tertentu.
  5. Selanjutnya Anda harus mengikuti tes teori yang berkenaan dengan peraturan berkendara di jalan raya. Jika dinyatakan lulus, maka  akan masuk ke tes tahap berikutnya yaitu mengendarai motor atau mobil. Jika tidak, maka akan mengulang sesuai dengan ketentuan Kepolisian.
  6. Selanjutnya mengikuti tes mengendarai motor atau mobil sesuai dengan pengajuan SIM tadi. Jika anda tidak lulus tes, maka harus mengulang sesuai dengan ketentuan.  bisa atau beberapa waktu berikutnya.
  7. Jika pada hari yang sama Anda lulus tes keduanya, maka akan langsung dipanggil untuk merekam foto serta sidik jari. Sebab nanti SIM tersebut akan langsung dicetak pada hari itu juga.
  8. Setelah mendapatkan SIM sesuai dengan pengajuan maka anda dinyatakan layak untuk mengendarai kendaraan tersebut. Selalu taatilah peraturan agar selamat di jalan serta tidak membahayakan pengendara lain.

Memiliki SIM bukan berarti pengendara dapat berlaku ugal-ugalan atau semena-mena di jalan raya. Namun harus menunjukkan perilaku berkendara yang bertanggung jawab sehingga tidak membahayakan diri sendiri ataupun pengendara.  lain. Terutama pejalan kaki.

Jangan lupa bawa SIM berbatas waktu yaitu sekitar 5 tahun. Artinya Anda harus memperpanjang Surat Izin Mengemudi tersebut  yang menyatakan bahwa masih memiliki kemampuan untuk mengendarai kendaraan.

Sebelum Anda mengetahui cara perpanjang SIM online, maka alangkah lebih baiknya jika mengetahui bagaimana cara membuat SIM-nya terlebih dahulu.. Sebab, seringkali orang mengabaikan kepemilikan Surat Izin Mengemudi ini dengan alasan sudah menguasai cara mengendarai kendaraan bermotor.  Sehingga merasa tidak perlu memilikinya.