Kesehatan

Gejala Utama Lupus pada Anak yang Sering Terjadi

Gejala Utama Lupus pada Anak yang Sering Terjadi

Anak-anak memiliki sistem imun yang rentan dan bisa terkena berbagai jenis penyakit seperti lupus. Anda harus mengetahui gejala terjadinya penyakit lupus agar bisa segera menemukan pengobatan terbaik. Ini gejala utama lupus pada anak yang sering terjadi.

  1. Demam Tak Jelas

Gejala penyakit lupus pada anak yang sering terjadi adalah mendadak demam tanpa penyebab jelas. Demam yang terjadi dari demam ringan sampai demam tinggi, selain itu demamnya juga akan hilang timbul. Berlangsungnya demam bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

  1. Pucat

Gejala lainnya dari penyakit ini adalah anak tampak pucat. Apalagi jika anak memiliki riwayat transfusi darah berulang. Anak Anda yang pucat akan terlihat mudah lelah dan lesu. Kondisi ini menunjukkan anak Anda juga mengalami anemia yang dalam kondisi lanjut akan menjadi penyakit lupus.  Anak juga menjadi mudah letih dan malas beraktivitas.

  1. Ruam pada Kulit

Gejala utama terjadinya lupus pada anak adalah ruam pada kulit. Bentuk ruam pada kulit seperti sayap kupu-kupu atau bentuk lainnya bulat-bulat. Ruam ini dapat terjadi di bagian wajah, leher, lengan, batang tubuh, dan tungkai.

  1. Nyeri dan Bengkak

Nyeri dan bengkak pada persendian juga menjadi gejala yang terjadi pada anak karena penyakit lupus. Sendi yang sering terserang adalah lutut dan siku. Kondisi ini jika tidak segera diatasi akan membuat anak mengalami kemampuan bergerak yang semakin berkurang.

  1. Bengkak Kelopak Mata dan Tungkai Bawah

Gejala lainnya dari penyakit lupus adalah terjadinya bengkak pada kelopak mata dan tungkai bawah. Saat mengalami gejala ini Anda juga akan menjadi sering buang air kecil. Dalam jangka panjang Anda bisa mengalami kelainan ginjal karena penyakit lupus.

Bahkan kerusakan ginjal bisa menjadi permanen dengan akibatnya Anda mengalami kenaikan berat badan, tekanan darah yang tinggi, dan pergelangan kaki menjadi bengkak. Semuanya akan mengalami komplikasi yang semakin parah jika tidak segera diatasi.

  1. Rambut Rontok dan Kulit Sensitif

Anak juga akan mengalami gejala rambut yang mudah rontok sampai anak menjadi botak. Anda bisa melihat gejala ini terlihat dengan kondisi rambut yang semakin menipis. Selain itu kulit akan menjadi semakin sensitif saat terkena sinar matahari. Kondisi kulit yang parah akan timbul bercak kemerahan.

  1. Sesak Napas

Gejala lainnya yang akan dialami anak adalah sesak napas dan rasa tidak nyaman pada dada karena nyeri. Gejala ini terjadi karena adanya masalah pada paru-paru dan jantung yang semakin hari semakin parah karena akan mengalami peradangan pada bagian selaput.  Sesak napas ini terjadi secara berulang.

Lupus pada anak bisa terjadi kapan saja dan seringnya tidak disadari jika Anda tidak cermat melihat gejalanya. Anda bisa memantau kondisi anak dengan melihat gejala yang ada di atas. Jika sudah diketahui atau dicurigai mengalami lupus segera lakukan pengobatan ke dokter yang ahli.