Happy Tummy, Upaya Menjaga Kesehatan Anak Dengan Tepat

Happy Tummy, Upaya Menjaga Kesehatan Anak Dengan Tepat

Memiliki anak yang senantiasa sehat tentu menjadi keinginan dari setiap orang tua. Hal ini dikarenakan anak yang sehat bisa memaksimalkan pertumbuhan mereka serta bebas dari masalah-masalah kesehatan yang merisaukan. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya Anda sebagai orang tua untuk mengetahui konsep happy tummy.

Apakah Anda pernah mendengar tentang happy tummy sebelumnya?

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal tentang konsep happy tummy dan bagaimana cara untuk memaksimalkan kesehatan anak sesuai dengan konsep tersebut. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang Happy Tummy

Sebenarnya, happy tummy merupakan suatu konsep yang menitikberatkan kesehatan sistem pencernaan dalam proses pertumbuhan anak. Perlu diketahui bahwa sistem pencernaan memegang peran yang sangat penting di mana semua nutrisi makanan akan diproses di dalamnya sebelum diedarkan ke seluruh tubuh.

Selain itu, sebagaimana diketahui bahwa anak cenderung memiliki sistem pencernaan yang masih rentan. Artinya, sistem pencernaan mereka belum bisa bekerja secara optimal sehingga perlu dijaga dengan lebih baik agar tidak bermasalah. Hal inilah yang kemudian dikenal dengan istilah happy tummy sebagai konsep untuk menjaga sistem pencernaan anak dengan baik.

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Sistem Pencernaan Anak?

Berbincang tentang upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan pada anak, ada beberapa hal yang cukup mendasar namun penting untuk dilakukan. Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga pola konsumsi

Salah satu upaya yang sangat tepat dilakukan untuk menjaga sistem pencernaan anak adalah dengan menjaga pola konsumsi anak. Ini adalah hal yang sangat penting karena pola konsumsi akan berhubungan dengan bagaimana sistem pencernaan tersebut bekerja.

Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak. Makanan yang berserat menjadi jenis makanan yang sangat disarankan. Pasalnya, serat pada makanan akan melancarkan kinerja sistem pencernaan tersebut dan menghindari terjadinya konstipasi.

  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Kecukupan cairan tubuh juga berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh nantinya akan membantu pelumatan makanan. Oleh karenanya, berusahalah untuk mencukupi kebutuhan carian tubuh anak terutama air putih setiap hari.

  • Melakukan pemijatan

Jika anak mengalami masalah pada perut mereka, Anda bisa melakukan pemijatan di sekitar area perut tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kompres pada bagian perut yang terasa sakit tersebut. Kedua hal ini bisa menjadi solusi awal untuk menenangkan anak dan juga meredakan masalah pencernaan.

Beberapa hal di atas adalah apa yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak sebagai implementasi dari konsep happy tummy yang dilakukan. Selain itu, jika anak ternyata bermasalah dengan sistem pencernaan, lakukan tindakan penanganan yang tepat sesegera mungkin.