Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Karbohidrat serta Protein dalam Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Memberikan asupan yang bergizi merupakan cara utama untuk meningkatkan berat badan anak agar mencapai  tingkatan ideal. Namun,  dalam beberapa kasus kadang ditemukan anak berusia 2 tahun yang tidak memiliki berat badan yang sesuai dengan umurnya.

Kekurangannya badannya bukan hanya 1 atau 2 kilo saja melainkan sudah dalam status keadaan kurang dan sangat kurang. Oleh karenanya anak yang menderita status Seperti itu akan disarankan diberikan makanan tambahan berupa susu penambah berat badan anak 2 tahun.

Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Pada prinsipnya, penambahan asupan  berupa susu penambah berat badan anak 2 tahun merupakan cara yang dapat dilakukan jika nutrisi dari sumber alamiah tidak dapat diberikan. Jika berat anak hanya berkisar 1 sampai 2 kilo di bawah standar ideal maka belum diperlukan tambahan susu jenis ini.

Namun, Jika sudah berada pada batas yang menyatakan status kurang dan sangat kurang sehingga tampak sangat kurus, maka pilihan penambahan asupan susu penambah berat badan  adalah yang terbaik.

Perlu diperhatikan pula bahwa anak yang terlihat kurus belum tentu mengalami status kurang dan sangat kurang. Oleh  karenanya setiap orang tua wajib berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk menentukan status pada berat badan anak.

Kandungan gizi yang wajib ada dalam produk penambah berat badan ini biasanya terdiri dari protein, karbohidrat, serta berbagai macam nutrisi lainnya yang dapat mendukung bertambahnya berat badan si buah hati.

Kandungan Karbohidrat

Susu penambah berat badan harus mengandung kadar karbohidrat yang cukup  tinggi. Sebab,  nutrisi makro ini bermanfaat untuk menyediakan  tambahan kalori pada asupan gizi harian.

Prinsipnya adalah  jika kalori pada asupan tambahan konsumsi harian memiliki jumlah yang signifikan maka artinya semakin banyak energi yang diberikan oleh tubuh.  Karena itu,  jika tubuh tidak memerlukannya akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak. Dengan demikian anak akan memiliki pertambahan berat badan yang signifikan.

Protein Dalam Susu

Susu penambah berat badan wajib mengandung kadar protein yang tinggi. Sebab,  nutrisi ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan massa serta kekuatan otot. Jika  massa otot anak bertambah maka berat badan berotot matis akan naik. Dengan  demikian yang berperan penting dalam peningkatan jumlah berat badan anak adalah bertambahnya jumlah massa otot.

Kendati demikian untuk menambah berat badan anak orang tua wajib mendahulukan asupan protein dan karbohidrat dari sumber alamiah. Sebab,  selain mendapatkan 2 makro zat gizi tersebut anak juga akan memperoleh nutrisi mikro yang lainnya.

Dalam pemberian susu penambah berat badan anak 2 tahun orang tua harus memperhatikan bagaimana status berat badan anaknya berdasarkan standar kesehatan. Jangan sampai anak menderita obesitas atau kegemukan hanya gara-gara asupan tambahan ini.