Lifestyle

Mitos Tentang Manfaat Baking Soda yang Salah

Manfaat Baking Soda

Manfaat baking soda yang sangat beragam memang sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Mulai dari manfaat untuk memasak, perawatan kulit hingga perabotan rumah tangga. Namun ternyata ada beberapa manfaat dari produk ini yang ternyata tidak perlu Anda percayai. Soalnya ada 5 mitos tentang produk ini yang sebaiknya Anda hindari agar tidak tertipu.

  1. Mampu Mengatasi Asam Lambung

Mitos pertama dari baking soda yang tidak perlu Anda percayai adalah kemampuannya dalam mengatasi asam lambung. Soalnya masih yang beranggapan bahwa untuk menyembuhkan penyakit asam lambung mengonsumsi baking soda yang dicampur dengan air minum adalah solusinya. Padahal belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran akan hal tersebut.

  1. Mempertahankan Gigi yang Putih

Memiliki gigi yang putih pastinya adalah impian semua orang agar selalu bisa tampil dengan percaya diri. Namun kemudian ada mitos yang berkembang bahwa gigi putih yang sudah Anda miliki dapat dipertahankan dengan menggunakan baking soda. Memang benar bahwa baking soda memiliki senyawa dapat membantu untuk memutihkan gigi seseorang.

Namun cerita akan menjadi lain apabila produk tersebut digunakan untuk mempertahankan gigi yang putih. Hal tersebut tidak lepas karena belum ada penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan produk baking soda yang sering dapat mempertahankan warna putih pada putih. Tidak adanya penelitian tersebutlah yang membuat manfaat ini termasuk ke dalam mitos.

  1. Dapat Digunakan untuk Kulit Sensitif

Mitos tentang manfaat baking soda berikutnya yang tidak perlu Anda percayai adalah kemampuannya bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Soalnya memang benar bahwa produk yang satu ini memang baik digunakan untuk perawatan pada kulit. Baik itu untuk menghilangkan kulit yang kusam hingga menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah tidak semua kulit cocok digunakan produk baking soda ini. Terutama untuk kulit yang tergolong sensitif maka sebaiknya menghindari penggunaan baking soda. Hal tersebut tidak lepas karena senyawa yang dimiliki baking soda yang mampu merusak kulit seseorang yang tergolong sensitif.

  1. Baik Digunakan untuk Ketiak

Banyak yang beranggapan bahwa penggunaan baking soda sangat baik digunakan pada ketiak karena sifatnya yang menyerap keringat. Namun cerita akan menjadi lain apabila penggunaan produk ini dilakukan terlalu sering pada bagian ketiak. Soalnya apabila digunakan terlalu sering maka akan mengakibatkan iritasi pada kulit Anda.

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Mitos terakhir yang sebaiknya juga Anda hindari adalah kemampuan produk ini dalam menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Perlu diketahui bahwa baking soda ini hanya mampu untuk memudarkan bekas luka sekaligus bintik-bintik gelap yang biasanya ada pada bekas jerawat.

Dengan mengetahui mitos manfaat baking soda yang ternyata keliru seperti di atas maka membuat Anda lebih tahu lagi. Supaya Anda bisa memanfaatkan produk yang satu ini secara benar dan juga tentunya secara lebih tepat.